Sekarang layar Anda akan ditampilkan sebuah form kosong. Sebelum anda mengubahnya maka simpan terlebih dahulu proyek tersebut. Caranya adalah pilih File¦Save All. Delphi akan menampilkan sebuah kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan nama unit dari form Anda. Isilah dengan main pass dan klik ‹ok›. Delphi akan kembali menampilkan kotak dialog yang meminta Anda kembali menampilkan kotak dialog yang meminta Anda memasukkan nama proyek. Isilah dengan Projl.dpr dan klik ‹ok›. Setelah menyimpan proyek di hard disk maka akan terbentuk beberapa file yaitu :
a. Projl.dpr, berisi program dari aplikasi.
b. Main.pas, unit yang nantinya digunakan untuk menangani kejadian form.
c. Main.dfm, komponen yang Anda letakkan beserta property-propertinya.
Setelah menyimpan proyek ini, jalankan dengan cara memilih menu Run ¦ Run. Tunggu beberapa saat sampai Delphi selesai mengkompilasi program Anda.
a. Projl.dpr, berisi program dari aplikasi.
b. Main.pas, unit yang nantinya digunakan untuk menangani kejadian form.
c. Main.dfm, komponen yang Anda letakkan beserta property-propertinya.
Setelah menyimpan proyek ini, jalankan dengan cara memilih menu Run ¦ Run. Tunggu beberapa saat sampai Delphi selesai mengkompilasi program Anda.
1. Palette Komponen
Palete(Toolbar) ini merupakan tempat untuk meletakkan komponen-kompoenen dalam delphi, bisa dilihat dalam gambar berikut:
komponen palete terdiri dari banyak palet seperti palet standar yang berisi komponen komponen standar seperti button, label (untuk menampilkan huruf) dll
2. Object Treeview
Window ini digunakan untuk melihat komponen apa saja yang digunakan dalam form. Setiap komponen yang berada dalam form akan terlihat disini. Seperti dalam contoh terdapat sebuah komponen button. Jika dalam delphi anda tidak menampilkan window ini maka anda bisa memunculkan dengan klik Window | Object TreeView pada menu bar
3.Object Inspector
Window ini digunakan untuk menampilkan property dari object. Setiap object dalam delphi memiliki properti. Sebagai contoh dalam gambar diatas kita akan melihat properti dari komponen button. Jika dalam delphi anda tidak menampilkan window ini maka anda bisa memunculkan dengan klik Window | Object Inspector pada menu bar
4. Code Editor
Disinilah kita akan menuliskan kode program kita. Secara otomatis delphi akan membuat struktur dari program unit ini, seperti penulisan clausa uses,unit, type dll.
Untuk menampilkan window ini anda bisa klik dua kali pada komponen yang ingin anda isikan kodenya, misalkan pada komponen button. Jalan lain anda bisa menekan F12 pada keyboard anda.
Penjelasan dari code editor:
unit Unit1; //nama unit
interface
uses
Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
Dialogs; //modul modul yang dipakai dalam program, modul ini telah disediakan oleh delphi.
Type //mendeklarasikan type utama, setiap unit paling tidak terdiri dari sebuah type
TForm1 = class(TForm)
Button1: TButton;
procedure Button1Click(Sender: TObject); //procedur dari button jika di klik
Private
Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang HANYA bisa diakses oleh unit ini saja
{ Private declarations }
public
Tuliskan disini procedure, variable yang diperlukan yang bisa diakses oleh seluruh unit dalam project.
{ Public declarations }
end;
var
Form1: TForm1;
implementation
{$R *.dfm}
//mulai disinilah anda akan menuliskan kode
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
//program yang akan dijalankan ketika button 1 di klik
end;
end.
5. Form Designer
Jika code editor digunakkan untuk ‘mendesain’ code yang diketikkan, maka form designer digunakan untuk mendisign tampilan dari aplikasi yang akan kita buat. Ketika delphi di load (dibuka) maka anda akan diberikan sebuah form kosong. Terlihat dalam contoh sebuah form dengan sebuah komponen tombol.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar